BAB III PTK PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN



BAB III
METODE PENELITIAN
A.  Metode dan Bentuk Penelitian
1.    Metode Penelitan
Penelitian adalah Suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan  informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah (Cooper & Emory, 1995) . Usaha yang secara sadar diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta  baru dan juga sebagai penyaluran hasrat ingin tahu manusia (Suparmoko, 1991) 

Metode Penelitian adalah: Cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan  kegunaan tertentu. Cara ilmiah = didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional = Penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal shg terjangkau  oleh penalaran manusia.  Empiris = cara yang digunakan dapat diamati dengan indera manusia.  Sistematis = proses penelitian menggunakan langkah2 ttt yang bersifat logis. 

2.    Bentuk Penelitian
Secara umum penelitian bisa dibedakan dan dilihat dari beberapa aspek. Dimana, suatu bentuk penelitian itu dibuat, dilihat dan dibedakan. Beberapa aspek tersebut diantaranya aspek tujuan serta aspek metode. Aspek Tujuan = bila mengacu terhadap perluasan ilmu, biasanya disebut dengan penelitian dasar. Bila mengacu terhadap pemecahan masalah serta untuk memperoleh manfaat bagi orang banyak umumnya disebut dengan penelitian terapan. Aspek Metode = berdasarkan aspek metode.
B.  Setting dan subyek penelitian
1.    Setting penelitian
Dalam mendapatkan data, peneliti memerlukan tempat penelitian. Tempat penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir.
2.    Subyek penelitian
Subjek penelitian adalah jumlah siswa 39 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan, guru yang mengajar saat itu.

C.  Teknik dan alat pengumpul data
1.      Teknik pengumpul data yang digunakan

Menurut Hadari Nawawi (2003: 94) untuk memperoleh data yang dapat mengungkapkan masalah dalam penelitian dapat dibedakan menjadi enam teknik, yaitu :
a.              Teknik observasi langsung
b.             Teknik observasi tidak langsung
c.              Teknik komunikasi langsung
d.             Teknik komunikasi tidak langsung
e.              Teknik pengukuran
f.              Teknik dokumenter
Dari ke enam teknik yang dikemukakan diatas penulis menggunakan 2 eknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu :
a.              Teknik observasi langsung.
b.             Teknik pengukuran.
2.      Alat pengumpul data yang digunakan
Adapun alat yang digunakan untuk pengumpulann data sebagai berikut :
a.              Lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti.
b.             Alat tes yang diambil dari soal-soal tes.
D.  Indikator Kinerja Tindakan
Indikator kinerja tindakan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam pengumpulan data maupun proses pengumpulan data. Karena indikator kinerja digunakan sebagai presentase dari tindakan maupun aktivitas di dalam kelas selama proses pembelajaran dalam beberapa kali pertemuan.




Tabel
Indikator kinerja belajar siswa dengan menggunakan media tepat guna.
No
Indikator Kinerja
Base line
Pencapaian siklus I
Pencapaian siklus II
Metode pencapaian

muncul
Tdk muncul
muncul
Tdk muncul
Jlh
%
Jlh
%
Jlh
%
Jlh
%
A.  Semangat dalam pembelajaran










1
Siswa tampak antusias










2
Siswa yang sungguh mengikuti pelajaran










3
Siswa yang berani menjawab pertanyaan










4
Siswa yang tekun dalam mengerjakan tugas











Rata-rata










B.     Iklim belajar yang positif










1
Siswa yang aktif memperhatian










2
Siswa yang berani tampil menjadi model










3











4












Rata-rata










C.    Kesenangan dalam pembelajaran










1
Siswa yang senang mengajukan tugas










2
Siswa yang senang mengajukan tugas










3
Siswa yang senang pelajaran matematika











Rata-rata














E.  Prosedur pelaksanaan penelitian
1.         Tindakan siklus I
Adapun perencanaan yang akan dilaksanakan yaitu :
1)      Menentuka pembelajaran ke berapa.
2)      Membuat lembar observasi guru dan siswa
3)      Membuat indikator kerja
4)      Membuat langkah-langkah pembelajaran bersama kolaborator
2.         Tindakan siklus II
Pada siklus II ini hasil refleksi yang diperoleh yaitu :
1)   Siswa sudah dapat dikendalikan pada awal sampai akhir kegiatan pembelajaran
2)   Suara siswa yang beramain peran sudah cukup terdengar
3)   Sebagian besar siswa memperhatikan peran yang ditampilkan
4)   Siswa memperhatikan presentasi
5)   Siswa sudah mulai terampil dalam menyampaikan hasil presentasinya
6)   Siswa mau menyampaikan pendapatnya.

Comments