BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Metode dan Bentuk Penelitian
1.
Metode Penelitan
Penelitian adalah Suatu proses penyelidikan secara
sistematis yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk
menyelesaikan masalah-masalah (Cooper & Emory, 1995) . Usaha yang
secara sadar diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari
fakta-fakta baru dan juga sebagai penyaluran hasrat ingin tahu
manusia (Suparmoko, 1991)
Metode Penelitian adalah: Cara ilmiah untuk
mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah =
didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan
sistematis. Rasional = Penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal
shg terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris = cara yang
digunakan dapat diamati dengan indera manusia. Sistematis = proses
penelitian menggunakan langkah2 ttt yang bersifat logis.
2.
Bentuk Penelitian
Secara umum penelitian bisa dibedakan dan dilihat dari
beberapa aspek. Dimana, suatu bentuk
penelitian itu dibuat, dilihat dan dibedakan. Beberapa aspek tersebut diantaranya aspek
tujuan serta aspek metode. Aspek Tujuan
= bila mengacu terhadap perluasan ilmu, biasanya disebut dengan penelitian
dasar. Bila mengacu terhadap pemecahan masalah serta untuk memperoleh manfaat
bagi orang banyak umumnya disebut dengan penelitian terapan. Aspek Metode = berdasarkan aspek
metode.
B.
Setting dan subyek penelitian
1.
Setting
penelitian
Dalam
mendapatkan data, peneliti memerlukan tempat penelitian. Tempat penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 05 Mempawah
Hilir.
2.
Subyek
penelitian
Subjek
penelitian adalah jumlah siswa 39 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa
laki-laki dan 24 orang siswa perempuan, guru yang mengajar saat itu.
C.
Teknik dan alat pengumpul data
1.
Teknik pengumpul data yang digunakan
Menurut Hadari
Nawawi (2003: 94) untuk memperoleh data yang dapat mengungkapkan masalah dalam
penelitian dapat dibedakan menjadi enam teknik, yaitu :
a.
Teknik observasi
langsung
b.
Teknik observasi
tidak langsung
c.
Teknik
komunikasi langsung
d.
Teknik
komunikasi tidak langsung
e.
Teknik
pengukuran
f.
Teknik
dokumenter
Dari ke enam
teknik yang dikemukakan diatas penulis menggunakan 2 eknik pengumpulan data
pada penelitian ini, yaitu :
a.
Teknik observasi
langsung.
b.
Teknik
pengukuran.
2.
Alat pengumpul data yang digunakan
Adapun alat yang
digunakan untuk pengumpulann data sebagai berikut :
a.
Lembar observasi
kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti.
b.
Alat tes yang
diambil dari soal-soal tes.
D.
Indikator Kinerja Tindakan
Indikator
kinerja tindakan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam pengumpulan
data maupun proses pengumpulan data. Karena indikator kinerja digunakan sebagai
presentase dari tindakan maupun aktivitas di dalam kelas selama proses
pembelajaran dalam beberapa kali pertemuan.
Tabel
Indikator kinerja belajar siswa
dengan menggunakan media tepat guna.
No
|
Indikator Kinerja
|
Base line
|
Pencapaian siklus I
|
Pencapaian siklus II
|
Metode pencapaian
|
||||||
muncul
|
Tdk muncul
|
muncul
|
Tdk muncul
|
||||||||
Jlh
|
%
|
Jlh
|
%
|
Jlh
|
%
|
Jlh
|
%
|
||||
A. Semangat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Siswa tampak antusias
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa yang sungguh mengikuti
pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa yang berani menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa yang tekun dalam
mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Iklim
belajar yang positif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Siswa yang
aktif memperhatian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa yang
berani tampil menjadi model
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Kesenangan
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Siswa yang
senang mengajukan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa yang
senang mengajukan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa yang
senang pelajaran matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Prosedur pelaksanaan penelitian
1.
Tindakan siklus I
Adapun perencanaan yang
akan dilaksanakan yaitu :
1)
Menentuka
pembelajaran ke berapa.
2)
Membuat lembar
observasi guru dan siswa
3)
Membuat
indikator kerja
4)
Membuat
langkah-langkah pembelajaran bersama kolaborator
2.
Tindakan siklus II
Pada siklus II ini
hasil refleksi yang diperoleh yaitu :
1)
Siswa sudah
dapat dikendalikan pada awal sampai akhir kegiatan pembelajaran
2)
Suara siswa yang
beramain peran sudah cukup terdengar
3)
Sebagian besar
siswa memperhatikan peran yang ditampilkan
4)
Siswa
memperhatikan presentasi
5)
Siswa sudah
mulai terampil dalam menyampaikan hasil presentasinya
6)
Siswa mau
menyampaikan pendapatnya.
Comments
Post a Comment