BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Aspek yang
menunjang dalam kegiatan belajar dan mengajar, terutama dalam pembelajran
tematik saat ini. Karena seperti yang diketahui, bahwa pembelajaran tematik ini
dibutuhkan perhatian khusus agar dapat menunjang setiap anak senang dan mampu
menguasai setiap materi dalam pembelajaran. Salah satu aspek yang mendukung
adalah lingkungan anak untuk belajar, metode pengajaran, guru-guru yang
profesional, dan penganalisaan kemampuan setiap anak yang dilakukan oleh guru
dan pihak sekolah.
Dari beberapa
aspek tersebut, dapat mendukung terciptanya pembelajaran dari proses belajar
mengajar yang menyenangkan. Dalam kegiatan belajar mengajar guru merupakan
aspek yang paling utama, karena gurusebagai motivator, untuk meningkatkan miat
dan kemampuan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu juga guru sebagai
perangsang kinerja otak dan kemauan siswa agarlebih termotivasi dan terdorong
untuk berkreativitas dan juga belajar.
Ada beberapa hal
yang mebuat siswa merasa belajar sangat tidak menyenangkan. Hal pertama yaitu
siswa sering tidak mengerti atau tidak mengetahui materi pelajaran yang
dipelajarainya itu untuk apa dan mereka bahkan tidak tahu mengaitkan dengan
ilmu-ilmu yang memerlukannya. Selain itu siswa tidak mampu mengaplikasikanya
dalam kehidupan sehari-hari, atau mereka tidak dapat mengaplikasikannya untuk
memecahka masalah dalam kehidupan nyata. Semua itu dikarenakan kurangnya
selingan atau penjelasan lebih di dalam pembelajaran. Hal itu membuat siswa
tidak mempunyai motiasi dan tertarik untuk belajar karena dalam benak mereka
belajar adalah tidak menyenangkan.
Guru harus
mensisatinya dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat guna, sehingga
pembelajaran menjadi cukup menyenangkan, tidak membosankan dan di sukai oleh
siswa.
Berdasarkan
hasil pengalaman peneliti sebagai guru yang mengajar di kelas IV SDN O5
Mempawah Hilir, dapat dipaparkan fakta-fakta berikut :
1.
Selama ini dalam
mengajar guru cenderung mengguakan metode ceramah.
2.
Guru terlalu
sibuk menjelaskan pelajaran tanpa menghiraukan siswanya.
3.
Guru menyampaikan
materi dengan monoton tanpa adanya variasi mengajar untuk menarik perhatian
siswa.
Dengan
menggunakan media tepat guna saya berharap dapat meningkatkan dan mengaktifkan
siswa. Selain itu dapat menginovasi kegiatan guru dalam menjelaskan dan
mengaktifkan siswa secara langsung.
B.
Masalah Penelitian
1.
Masalah Umum
Berdasarkan
hasil diagosis situasi berupa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam
pembelajaran, maka secara utum masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai
berikut : “Apakah menggunakan media tepat
guna dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada pembelajaran
tematik di Kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?”
2.
Masalah Khusus
Adapun perincan
permasalahan dari perumusan masalah diatas sehingga dpat membantu dalam
pembahasan perlu dijabarkan bebrapa pertanyaan penelitian tindakan sebagai sub
masalahnya sebagai berikut :
a.
Apakah dengan
menggunakan media tepat guna dapat membuat siswa antusias dalam pembelajaran
tematik di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?
b.
Apakah dengan
menggunakan media tepat guna dapat menciptakan iklim belajar yang menyenangkan
dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?
c.
Apakah dengan
media tepat guna dapat menciptakan kesenangan pembelajaran tematik dik kelas IV
SDN 05 Mempawah Hilir?
C.
Tujuan Penelitian
Secara umum
tujuan penelitian ini sesuai dengan rumusan masalahnya adalah untuk menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan menggunakan media tepat guna dalam proses
pembelajaran tematik bagi siswa di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir
Sedangkan secara
khusus penelitian tindakan inti bertujuan untuk :
1.
Mendeskripsikan
suasana terhadap proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media tepat
guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir.
2.
Mendeskripsikan
suasana iklim belajar yang positif siswa terhadap proses pembelajaran tematik
dengan menggunakan media tepat guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir
3.
Mendeskipsikan
kesenangan belajar sisw terhadap proses pembelajaran tematik dengan menggunakan
media tepat guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir.
D.
Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat dalam menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan baik bagi guru, siswa dan bagi sekolah itu sendiri
Comments
Post a Comment