BAB I PTK PEMBELAJARAN MENYENANGKAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Aspek yang menunjang dalam kegiatan belajar dan mengajar, terutama dalam pembelajran tematik saat ini. Karena seperti yang diketahui, bahwa pembelajaran tematik ini dibutuhkan perhatian khusus agar dapat menunjang setiap anak senang dan mampu menguasai setiap materi dalam pembelajaran. Salah satu aspek yang mendukung adalah lingkungan anak untuk belajar, metode pengajaran, guru-guru yang profesional, dan penganalisaan kemampuan setiap anak yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah.
Dari beberapa aspek tersebut, dapat mendukung terciptanya pembelajaran dari proses belajar mengajar yang menyenangkan. Dalam kegiatan belajar mengajar guru merupakan aspek yang paling utama, karena gurusebagai motivator, untuk meningkatkan miat dan kemampuan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu juga guru sebagai perangsang kinerja otak dan kemauan siswa agarlebih termotivasi dan terdorong untuk berkreativitas dan juga belajar.
Ada beberapa hal yang mebuat siswa merasa belajar sangat tidak menyenangkan. Hal pertama yaitu siswa sering tidak mengerti atau tidak mengetahui materi pelajaran yang dipelajarainya itu untuk apa dan mereka bahkan tidak tahu mengaitkan dengan ilmu-ilmu yang memerlukannya. Selain itu siswa tidak mampu mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari, atau mereka tidak dapat mengaplikasikannya untuk memecahka masalah dalam kehidupan nyata. Semua itu dikarenakan kurangnya selingan atau penjelasan lebih di dalam pembelajaran. Hal itu membuat siswa tidak mempunyai motiasi dan tertarik untuk belajar karena dalam benak mereka belajar adalah tidak menyenangkan.
Guru harus mensisatinya dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat guna, sehingga pembelajaran menjadi cukup menyenangkan, tidak membosankan dan di sukai oleh siswa.
Berdasarkan hasil pengalaman peneliti sebagai guru yang mengajar di kelas IV SDN O5 Mempawah Hilir, dapat dipaparkan fakta-fakta berikut :
1.        Selama ini dalam mengajar guru cenderung mengguakan metode ceramah.
2.        Guru terlalu sibuk menjelaskan pelajaran tanpa menghiraukan siswanya.
3.        Guru menyampaikan materi dengan monoton tanpa adanya variasi mengajar untuk menarik perhatian siswa.
Dengan menggunakan media tepat guna saya berharap dapat meningkatkan dan mengaktifkan siswa. Selain itu dapat menginovasi kegiatan guru dalam menjelaskan dan mengaktifkan siswa secara langsung.
B.  Masalah Penelitian
1.    Masalah Umum
Berdasarkan hasil diagosis situasi berupa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran, maka secara utum masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : “Apakah menggunakan media tepat  guna dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada pembelajaran tematik di Kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?”
2.    Masalah Khusus
Adapun perincan permasalahan dari perumusan masalah diatas sehingga dpat membantu dalam pembahasan perlu dijabarkan bebrapa pertanyaan penelitian tindakan sebagai sub masalahnya sebagai berikut :
a.    Apakah dengan menggunakan media tepat guna dapat membuat siswa antusias dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?
b.    Apakah dengan menggunakan media tepat guna dapat menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?
c.    Apakah dengan media tepat guna dapat menciptakan kesenangan pembelajaran tematik dik kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir?

C.  Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini sesuai dengan rumusan masalahnya adalah untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan media tepat guna dalam proses pembelajaran tematik bagi siswa di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir
Sedangkan secara khusus penelitian tindakan inti bertujuan untuk :
1.    Mendeskripsikan suasana terhadap proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media tepat guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir.
2.    Mendeskripsikan suasana iklim belajar yang positif siswa terhadap proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media tepat guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir
3.    Mendeskipsikan kesenangan belajar sisw terhadap proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media tepat guna di kelas IV SDN 05 Mempawah Hilir.

D.  Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan baik bagi guru, siswa dan bagi sekolah itu sendiri

Comments