RPP 2013 KELAS 1 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas / semester                      : 1 (Satu) / Ganjil
Tema/ sub tema                       : 1. Diriku / 2. Tubuhku
Pembelajaran   Ke-                  : 2 (Dua)
Alokasi waktu                         : 07.00-10.30

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
1.    PPKN
4.2.  Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
2.      SBDP
3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi.
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan
hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar
  melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
3.  BAHASA INDONESIA
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1.Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.     INDIKATOR
1.    PPKN
a.    Mengikuti aturan dalam kegiatan di sekolah
2.    SBDP
a.    Menebalkan garis pada gambar.
b.    Mewarnai gambar.
c.    Menyusun  potongan-potongan gambar anggota tubuh
3.    BAHASA INDONESIA
a.    Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari.
b.    Melengkapi   gambar anggota tubuh.
c.    Menyebutkan  nama-nama anggota tubuh.

D.    TUJUAN
1.    Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2.    Dengan bermain, siswa dapat me ma sangkan nama- nama anggota tubuh secara tepat.
3.    Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.

E.     MATERI
1.      Membaca nama-nama anggota tubuh.
2.      Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh (Puzzle)


F.      PENDEKATAN DAN METODE

1.      Pendekatan           : scientific
2.      Metode                  : Permainan, kerja kelompok, Tanya jawab, Penugasan.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.           Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.           Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.           Bertanya apa saja nama-nama anggota tubuh yang diketahui.
4.           Menginformasikan tema dan sub tema yang akan dipelajari yaitu tema DIRIKU  dan  sub  tema  TUBUHKU
10 menit
Inti-1
Membaca nama-nama anggota tubuh
1.           Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2.           Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3.           Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4.           Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara mem- baca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5.           Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian.
6.           Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7.           Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8.           Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9.           Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa halaman 37.
85 menit
ISTIRAHAT
15 Menit
Inti-2
Menyusun potongan-potongan gambar (Puzzle)
1.           Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya tidak beraturan).
2.           Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3.           Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4.           Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5.           Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6.           Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7.           Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8.           Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9.           Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10.         Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan  menebalkan huruf di buku siswa.
85 menit
Penutup
1.             Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.             Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.             Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.             Menginformasikan kegiatan pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.             Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
6.             Salam penutup
15 menit

H.    SUMBER DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
1.      Kurikulum 2013
2.      Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Guru Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Siswa Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Media
1.         Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
2.         Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
3.         Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
4.         Gambar bagian-bagian tubuh (disiapkan oleh guru)


I.       PENILAIAN
Terlampir





          Mahasiswa

Devi Nurlevia Sari
        F37011040

Penilaian    : Unjuk Kerja
Rubrik        : Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh
NO
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan gambar
Semua tepat
Tepat 5—7
Tepat 3—4
Tepat 0—2
2.
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal 5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit

Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
Nama siswa
Perolehan Skor
Total
Kriteria 1
Kriteria 2
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB

2.










 3.










4.










5.










6.










7.










Dst.











       


Penilaian   : Unjuk Kerja (Proses)
Rubrik       : Menyusun Potongan Gambar
NO
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ketepatan menyusun potongan gambar
Memasang ke-6 potongan gambar dengan tepat
Memasangkan 4-5 potongan gambar dengan tepat
Memasangkan 2-3 potongan gambar dengan tepat
Hanya memasangkan 1 potongan gambar.
2.
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal 5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit
3.
Kerja sama kelompok Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif

Penilaian Unjuk Kerja(Proses)
NO
Nama siswa
Perolehan Skor
Total
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3

1.

BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB

2.














3.














4.














5.














6.














Dst.















       


Comments