RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas / semester :
1 (Satu)
/ Ganjil
Tema/ sub tema :
1. Diriku
/ 2. Tubuhku
Pembelajaran Ke- : 2 (Dua)
Alokasi waktu :
07.00-10.30
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
1. PPKN
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
2. SBDP
3.1. Mengenal cara dari
hasil gambar ekspresi.
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan
hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar
melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel
3. BAHASA INDONESIA
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1.Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
C. INDIKATOR
1. PPKN
a. Mengikuti
aturan dalam kegiatan di sekolah
2. SBDP
a. Menebalkan
garis pada gambar.
b. Mewarnai
gambar.
c. Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
3.
BAHASA
INDONESIA
a.
Membaca
nama-nama anggota tubuh yang dipelajari.
b.
Melengkapi gambar anggota tubuh.
c.
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
D. TUJUAN
1.
Dengan
memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh
dengan tepat.
2.
Dengan
bermain, siswa dapat me ma sangkan nama- nama anggota tubuh secara tepat.
3.
Dengan
bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
dengan tepat.
E.
MATERI
1.
Membaca
nama-nama anggota tubuh.
2. Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh (Puzzle)
F. PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan
: scientific
2. Metode : Permainan, kerja kelompok, Tanya
jawab, Penugasan.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdoa menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3.
Bertanya apa saja nama-nama anggota tubuh yang diketahui.
4.
Menginformasikan tema dan sub tema yang akan dipelajari yaitu tema DIRIKU dan sub tema TUBUHKU
|
10 menit
|
Inti-1
Membaca nama-nama anggota tubuh
|
1.
Guru
menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2.
Guru
menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di
halaman buku siswa.
3.
Siswa
membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4.
Guru
memastikan siswa mampu mengikuti cara mem- baca nama-nama anggota tubuh yang
dipaparkan.
5.
Siswa
diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian.
6.
Sebagai
puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh
dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7.
Siswa
menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8.
Siswa
mengerjakan latihan di buku siswa.
9.
Jika
masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada
buku siswa halaman 37.
|
85 menit
|
ISTIRAHAT
|
15 Menit
|
|
Inti-2
Menyusun potongan-potongan gambar (Puzzle)
|
1.
Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa
(di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya tidak beraturan).
2.
Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3.
Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4.
Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5.
Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota
tubuh.
6.
Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar
tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7.
Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan
apresiasi dari guru dan lainnya.
8.
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9.
Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan
menanyakan bagaimana.
10.
Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.
|
85 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.
Mengajak siswa berdoa menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
6.
Salam penutup
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
1. Kurikulum 2013
2. Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Guru Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Siswa Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Media
1.
Gambar anggota
tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
2.
Gambar anggota
tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
3.
Kartu nama-nama anggota
tubuh (lima set)
4.
Gambar
bagian-bagian tubuh (disiapkan oleh guru)
I. PENILAIAN
Terlampir
Terlampir
Mahasiswa
Devi Nurlevia Sari
F37011040
F37011040
Penilaian :
Unjuk Kerja
Rubrik : Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh
Rubrik : Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh
NO
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan
gambar
|
Semua tepat
|
Tepat 5—7
|
Tepat 3—4
|
Tepat 0—2
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
Penilaian Unjuk Kerja
(Proses)
NO
|
Nama siswa
|
Perolehan Skor
|
Total
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|
||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian :
Unjuk Kerja (Proses)
Rubrik : Menyusun Potongan Gambar
Rubrik : Menyusun Potongan Gambar
NO
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menyusun potongan gambar
|
Memasang ke-6 potongan gambar dengan tepat
|
Memasangkan 4-5 potongan gambar dengan tepat
|
Memasangkan 2-3 potongan gambar dengan tepat
|
Hanya memasangkan 1 potongan gambar.
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama kelompok Seluruh anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi
aktif
|
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi
aktif
|
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif
|
Penilaian
Unjuk Kerja(Proses)
NO
|
Nama siswa
|
Perolehan Skor
|
Total
|
|||||||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|
|||||||||||
1.
|
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment