RPP KELAS IV TEMATIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas / semester                      : 4 (Empat) / Ganjil
Tema/ sub tema                       : 1. Indahnya Kebersaman / 2. Kebersamaan dan keberagaman
Pembelajaran   Ke-                  : 4 (Empat)
Alokasi waktu                         : 07.00-12.00

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dn tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis , dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
1. BAHASA INDONSIA
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru.

2. PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah,sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

C.     INDIKATOR
1.    Bahasa Indonesia
a.    Melakukan dugaan tentang arti kosakata baku yang terdapat dalam teks
b.    Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baku yang ditemukan dalam teks.
2.    PPKn
a.    Menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah,sekolah dan masyarakat secara berkelompok.

D.    TUJUAN
1.    Secara berkelompok, peserta didik mampu menampilkan drama dan mengetahui makna serta pentingnya persatuan dan kesatuan.
2.    Dengan membaca teks, peserta didik mampu melakukan dugaan tentang arti kosa kata baku.
3.    Melalui demonstrasi, peserta didik mampu membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang terdapat dalam teks.

E.     MATERI
1.      Peserta didik bermain peran secara berkelompok tentang pentingnya persatuan dan kesatuan.
2.      Peserta didik membaca teks deskriptif dan menemukan kosa kata baku.
3.      Peserta didik membuat kalimat berdasarkan kosakata baku.

F.      PENDEKATAN DAN METODE
1.      Pendekatan           : scientific
2.      Metode                  : bermain peran, Tanya jawab, Penugasan.



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.           Mengajak semua siswa berdoa menurut agama masing-masing.
2.           Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.           Bertanya jawab berkaitan dengan materi yang akan diajarkan, untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam meerima pelajaran dengan baik.
10 menit
Inti-1
1.           Peserta didik membaca teks tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku .
2.           Peserta didik mengamati sapu lidi yang dibawa oleh Guru.
3.           Melalui demonstrasi peserta didik mendeskripsikan makna sapu lidi.
4.           Peserta didik menyimpulkan makna sapu lidi tersebut.
5.           Peserta didik secara berekelompok bermain peran skenario tentang “Bersatu dalam keberagaman”
6.           Peserta didik menampilkan drama.
7.           Point bersyukur atas keberbedaan yang ada.
85 menit
ISTIRAHAT
15 Menit
Inti-2
1.             Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada dibuku.
2.             Peserta didik membaca teks dan mengamati gambar tentang situs Trowulan.
3.             Peserta didik menjawab pertanyan.
4.             Peserta didik mencari kosakata baru sebanyak mungkin dan memprediksi arti makna tersebut.
5.             Peserta didik mencocokan makna tersebut dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
6.             Peserta didik membuat kalimat dengan menggunakan kosakata tersebut.
85 menit
Penutup
1.             Bersama-sama pesert didik membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.             Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.             Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.             Menginformasikan kegiatan pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.             Mengajak peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
6.             Salam penutup
15 menit

H.    SUMBER DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
1.      Kurikulum 2013
2.      Buku Guru
3.      Buku Siswa

Media
1.         Sapu lidi
2.         Teks deskriptif

I.       PENILAIAN
Terlampir


       Mahasiswa,

Donna Frutescen
        F3701104
2


Penilaian    : Unjuk Kerja
Rubrik        :
kemampuan mengenali fungsi bagian tubuh
NO
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kesiapan tampil.
Sangat berani tampil dan tanpa ragu-ragu.
Cukup berani tampil tanpa ragu-ragu
Berani tampil namun ragu-ragu.
Tidak berani tampil dan masih ragu-ragu
2.
Terlihat adegan yang bermakna persatuan dalam keberagaman
Terlihat sangat jelas
Terlihat cukup jelas
Kurang jelas
Makna menghargai tidak jelas,
3.
Terlihat adegan yang bermakna menghargai dalam keberagaman
Terlihat sangat jelas
Terlihat cukup jelas
Kurang jelas
Makna menghargai tidak jelas,
4.
Terlihat adegan yang bermakna kerjasama dalam keberagaman
Terlihat sangat jelas
Terlihat cukup jelas
Kurang jelas
Makna menghargai tidak jelas,
5.
Kualitas bahasa dalam skenario drama
Sangat baik
Cukup baik
Kurang baik
Tidak baik







Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
Nama siswa
Perolehan Skor
Total

Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kriteria 5

BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB


1.























 2.























3.























4.























5.























6.























Dst.











       
                                                                              

Penilaian   : sikap


                                                                                                

No
Nama
Perolehan skor
Total
Kriteria 1
Kriteria 2
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
1.










2.










3.















Comments