RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas / semester :
4 (Empat) / Ganjil
Tema/ sub tema :
1. Indahnya
Kebersaman / 2. Kebersamaan
dan keberagaman
Pembelajaran Ke- : 4 (Empat)
Alokasi waktu :
07.00-12.00
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dn tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis , dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
1.
BAHASA INDONSIA
3.5 Menggali informasi
dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baru.
2. PPKn
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah,sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan
teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
C. INDIKATOR
1. Bahasa
Indonesia
a.
Melakukan dugaan tentang arti kosakata
baku yang terdapat dalam teks
b.
Membuat kalimat berdasarkan kosa kata
baku yang ditemukan dalam teks.
2.
PPKn
a.
Menjelaskan makna dan penting persatuan
dan kesatuan di rumah,sekolah dan masyarakat secara berkelompok.
D. TUJUAN
1.
Secara berkelompok, peserta didik mampu
menampilkan drama dan mengetahui makna serta pentingnya persatuan dan kesatuan.
2.
Dengan membaca teks, peserta didik mampu
melakukan dugaan tentang arti kosa kata baku.
3.
Melalui demonstrasi, peserta didik mampu
membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang terdapat dalam teks.
E.
MATERI
1.
Peserta didik bermain peran secara
berkelompok tentang pentingnya persatuan dan kesatuan.
2.
Peserta didik membaca teks deskriptif
dan menemukan kosa kata baku.
3.
Peserta didik membuat kalimat
berdasarkan kosakata baku.
F. PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan
: scientific
2. Metode : bermain peran, Tanya jawab, Penugasan.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdoa menurut
agama masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3.
Bertanya jawab berkaitan dengan
materi yang akan diajarkan, untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam
meerima pelajaran dengan baik.
|
10 menit
|
Inti-1
|
1.
Peserta didik membaca teks tentang makna persatuan
dan kesatuan pada buku .
2.
Peserta didik mengamati sapu lidi yang dibawa oleh
Guru.
3.
Melalui demonstrasi peserta didik mendeskripsikan
makna sapu lidi.
4.
Peserta didik menyimpulkan makna sapu lidi
tersebut.
5.
Peserta didik secara berekelompok bermain peran
skenario tentang “Bersatu dalam keberagaman”
6.
Peserta didik menampilkan drama.
7.
Point bersyukur atas keberbedaan
yang ada.
|
85 menit
|
ISTIRAHAT
|
15 Menit
|
|
Inti-2
|
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang ada dibuku.
2.
Peserta didik membaca teks dan
mengamati gambar tentang situs Trowulan.
3.
Peserta didik menjawab pertanyan.
4.
Peserta didik mencari kosakata
baru sebanyak mungkin dan memprediksi arti makna tersebut.
5.
Peserta didik mencocokan makna
tersebut dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
6.
Peserta didik membuat kalimat
dengan menggunakan kosakata tersebut.
|
85 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama pesert didik membuat
kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.
Mengajak peserta didik berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
6.
Salam penutup
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
1. Kurikulum 2013
2. Buku
Guru
3. Buku
Siswa
Media
1.
Sapu lidi
2.
Teks deskriptif
I.
PENILAIAN
Terlampir
Terlampir
Mahasiswa,
Donna Frutescen
F37011042
F37011042
Penilaian :
Unjuk Kerja
Rubrik : kemampuan mengenali fungsi bagian tubuh
Rubrik : kemampuan mengenali fungsi bagian tubuh
NO
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kesiapan
tampil.
|
Sangat berani tampil dan tanpa ragu-ragu.
|
Cukup
berani tampil tanpa ragu-ragu
|
Berani
tampil namun ragu-ragu.
|
Tidak
berani tampil dan masih ragu-ragu
|
2.
|
Terlihat
adegan yang bermakna persatuan dalam keberagaman
|
Terlihat
sangat jelas
|
Terlihat
cukup jelas
|
Kurang
jelas
|
Makna
menghargai tidak jelas,
|
3.
|
Terlihat
adegan yang bermakna menghargai dalam keberagaman
|
Terlihat
sangat jelas
|
Terlihat
cukup jelas
|
Kurang
jelas
|
Makna
menghargai tidak jelas,
|
4.
|
Terlihat
adegan yang bermakna kerjasama dalam keberagaman
|
Terlihat
sangat jelas
|
Terlihat
cukup jelas
|
Kurang
jelas
|
Makna
menghargai tidak jelas,
|
5.
|
Kualitas
bahasa dalam skenario drama
|
Sangat
baik
|
Cukup
baik
|
Kurang
baik
|
Tidak
baik
|
Penilaian Unjuk Kerja
(Proses)
NO
|
Nama siswa
|
Perolehan Skor
|
Total
|
||||||||||||||||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
Kriteria 5
|
|||||||||||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||||
6.
|
|||||||||||||||||||||||
Dst.
|
Penilaian : sikap
No
|
Nama
|
Perolehan skor
|
Total
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
Comments
Post a Comment