RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 1 SD PEMBELAJARAN 3 SUB TEMA 1 TEMA 1 DIRIKU KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Mengidentifikasi benda-benda disekitar
¡ Mendeskripsikan benda-benda secara lisan
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya
benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah
anggotanya
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan
99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan
berbagai kemungkinan jawaban
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari
bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan
tinggi badannya
Indikator :
¡ Menghitung banyak benda 1-5
¡ Mengidentifikasi banyak benda
¡ Menentukan benda yang lebih banyak
¡ Menentukan benda yang lebih sedikit
¡ Mengidentifikasi bangun segi empat
¡ Menggambar dari bentuk segi empat
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni
ekspresi
¡ Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Menghitung Banyak Teman
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak
benda 1-5 dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak
benda 1-5 secara tepat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda
yang lebih banyak dengan tepat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda
yang lebih sedikit.
¡ Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda
yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
Mengenal Bentuk Segi Empat
¡ Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat
mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
¡ Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat
membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
¡ Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan
gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menghitung
Banyak Teman
¡ Mengenal
Bentuk Segi Empat dan Bercerita kepada Teman
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Aku dan Teman Baru”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Menghitung Banyak Teman
Guru menyampaikan bahwa hari ini
akan belajar berhitung bersama teman. (Mengamati)
Siswa
mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
Siswa
menghitung jumlah siswa pada gambar. (Mengamati)
Guru menanyakan berapa banyak
anak laki-laki dan anak perempuan. (Menanya)
Siswa berlatih pada halaman
berikutnya. (Mengekplorasi)
Siswa menghitung jumlah siswa di
setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak. (Mengekplorasi)
Lalu siswa mengamati benda di
sekitar kelas dan mencari benda yang banyak nya sa ma dengan gambar siswa
yang ada di buku siswa. (Mengekplorasi)
Siswa menyampaikan hasil
pengamatan kepada temannya. (Mengasosiasi)
Siswa diminta membandingkan
dengan hasil pengamatan
temannya. Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
(Mengamati)
Adakah kelompok yang mengamati
benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak? (Mengamati)
Mengenal Bentuk Segi Empat
Siswa diarahkan untuk melihat
bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis, dan
lain-lain). (Mengamati)
Siswa diminta menjelaskan bentuk
masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
(Mengekplorasi)
Guru menunjukkan beberapa kotak
bekas kemasan. (Mengekplorasi)
Siswa diminta membongkar kotak
untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar. (Mengekplorasi)
Guru memperkenalkan bangun segi
empat. (Mengkomunikasikan)
Siswa diminta untuk membuat
gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian me warnai
gambar tersebut. (Mengasosiasi)
Siswa bergantian menceritakan
gambar kepada temannya. (Mengkomunikasikan)
Sebutkan pengamatan siapa yang
lebih banyak?
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan
penilaian hasil belajar
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Kotak
bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
¡ Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk
menghias
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik
Menggambar Bentuk dari Pesegi dan Persegi Panjang
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan meng-isi angka sesuai banyaknya siswa pada gambar ‘Ayo
Berlatih’.
|
5-6 gambar diisi dengan tepat.
|
3-4 gambar diisi dengan tepat.
|
1-2 gambar diisi dengan tepat.
|
Belum mampu mengisi angka.
|
2.
|
Ketepatan mewarnai kotak yang lebih banyak.
|
Mewar nai 3 kotak dengan tepat
|
Mewarnai 2 kotak dengan tepat
|
Mewarnai 1 kotak dengan tepat
|
Belum mampu mewarnai
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar dari Bentuk Segi Empat
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Hasil gambar
|
Bentuk dasar segiempat terlihat. Ada tambahan variasi gambar
|
Bentuk dasar segi empat terlihat
dan ti-dak ada tam-bahan variasi gambar atau sebaliknya
|
Bentuk dasar
segi empat tidak terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar
|
Belum mampu membuat gambar dari bentuk segi empat
|
2.
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 atau lebih warna
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Comments
Post a Comment