RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 1 SD PEMBELAJARAN 3 SUB TEMA 1 TEMA 1 DIRIKU KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema 1                            :  Diriku
Sub Tema 1                   :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1    Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


Indikator :
¡  Mengidentifikasi benda-benda disekitar
¡  Mendeskripsikan benda-benda secara lisan

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5    Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.1    Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai  kemungkinan jawaban
4.7    Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8    Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya

Indikator :
¡  Menghitung banyak benda 1-5
¡  Mengidentifikasi banyak benda
¡  Menentukan benda yang lebih banyak
¡  Menentukan benda yang lebih sedikit
¡  Mengidentifikasi bangun segi empat
¡  Menggambar dari bentuk segi empat

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1.   Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1.   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

Indikator :
¡  Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi
¡  Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Menghitung Banyak Teman
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5 secara tepat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih sedikit.
¡  Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.

Mengenal Bentuk Segi Empat
¡  Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
¡  Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
¡  Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menghitung Banyak Teman
¡  Mengenal Bentuk Segi Empat dan Bercerita kepada Teman

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”.
  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Menghitung Banyak Teman
  Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman. (Mengamati)
  Siswa mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
  Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar. (Mengamati)
  Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan. (Menanya)
  Siswa berlatih pada halaman berikutnya. (Mengekplorasi)
  Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak. (Mengekplorasi)
  Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyak nya sa ma dengan gambar siswa yang ada di buku siswa. (Mengekplorasi)
  Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya. (Mengasosiasi)
  Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama? (Mengamati)
  Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak? (Mengamati)

Mengenal Bentuk Segi Empat
  Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis, dan lain-lain). (Mengamati)
  Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya. (Mengekplorasi)
  Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan. (Mengekplorasi)
  Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar. (Mengekplorasi)
  Guru memperkenalkan bangun segi empat. (Mengkomunikasikan)
  Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian me warnai gambar tersebut. (Mengasosiasi)
  Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya. (Mengkomunikasikan)
  Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?

35 Menit X  30 JP
Penutup
  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  Melakukan penilaian hasil belajar
  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
¡  Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT       :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

3.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian : Unjuk Kerja

Rubrik Menggambar Bentuk dari Pesegi dan Persegi Panjang
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ketepatan meng-isi angka sesuai banyaknya siswa pada gambar ‘Ayo Berlatih’.
5-6 gambar diisi dengan tepat.
3-4 gambar diisi dengan tepat.
1-2 gambar diisi dengan tepat.
Belum mampu mengisi angka.
2.
Ketepatan mewarnai kotak yang lebih banyak.
Mewar nai 3 kotak dengan tepat
Mewarnai 2 kotak dengan tepat
Mewarnai 1 kotak dengan tepat
Belum mampu mewarnai


b.   Penilaian : Unjuk Kerja

Rubrik Menggambar dari Bentuk Segi Empat
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Hasil gambar
Bentuk dasar segiempat terlihat. Ada tambahan variasi gambar
Bentuk dasar  segi empat terlihat dan ti-dak ada tam-bahan variasi gambar atau sebaliknya
Bentuk dasar  segi empat tidak terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar
Belum mampu membuat gambar dari bentuk segi empat
2.
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 atau lebih warna
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Comments