RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
¡ Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
¡ Menulis di udara, pasir, dan punggung
¡ Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
¡ Menebalkan garis sesuai petunjuk
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
¡ Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam
berjalan lurus
¡ Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam
berjalan zigzag
¡ Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam
berjalan lengkung
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
Indikator :
¡ Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya seni
¡ Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Bernyanyi Bersama Teman Sambil Mengenal Huruf
¡ Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan
lagu “a-b-c” dengan benar.
¡ Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf
dengan urutan yang benar.
¡ Dengan melihat contoh, siswa dapat menyusun nama mereka
dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
Bergerak Bersama Teman
¡ Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa
dapat berjalan membentuk garis lurus dengan benar.
¡ Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa
dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan benar.
¡ Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa
dapat berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.
¡ Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan
posisi duduk yang benar pada saat menulis dengan tepat.
¡ Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara
memegang pensil yang benar pada saat menulis dengan tepat.
¡ Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil
yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan garis dengan benar.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Bernyanyi
Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
¡ Bergerak
Bersama Teman
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Aku dan Teman Baru”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Bernyanyi Bersama Teman Sambil Mengenal Huruf
Tempelkan huruf a-z di papan
tulis. (Mengamati)
Siswa diajak untuk bernyanyi lagu
“a-b-c” sambil menunjukkan huruf yang disebut. (Mengamati)
Kemudian, siswa diminta untuk
membentuk beberapa kelompok. (Mengasosiasi)
Setiap kelompok diberikan satu
set kartu huruf (a-f), lalu diminta mengurutkan. (Mengasosiasi)
Setelah mengurutkan huruf, setiap
kelompok diminta menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan
guru. (Mengekplorasi)
Setelah menulis di udara
dilanjutkan dengan menulis di punggung dan di pasir. (Mengekplorasi)
Setelah siswa menulis huruf di
udara, di punggung dan di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan
huruf-huruf yang terdapat pada namanya. (Mengamati)
Secara bergiliran, siswa
mengambil huruf-huruf dari tumpukan huruf yang sudah disediakan oleh guru
yang terdapat pada nama mereka. (Mengasosiasi)
Siswa diingatkan untuk belajar
bersabar saat ingin menunggu giliran.
Siswa mencoba menyusun nama
mereka. Setelah berhasil, siswa boleh mengacungkan tangan untuk menyebutkan
namanya dengan lantang setelah ditunjuk oleh guru. (Mengekplorasi)
Kegiatan ditutup dengan mengulang
kembali lagu “a-b-c” dan guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya
menghargai teman dalam kegiatan kelompok. (Mengkomunikasikan)
Bergerak Bersama Teman
Guru menyampaikan setelah siswa
bermain di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak
keluar kelas. (Mengekplorasi)
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok. (Mengasosiasi)
Masing-masing
kelompok dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-hadapan.
(Mengasosiasi)
Siswa no. 1
di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju temannya di sisi B
dan berbaris di belakang siswa no. 5. Lalu, siswa nomor 1 di sisi B berjalan
lurus/berlari menuju titik A dan berbaris di belakang siswa no. 5. Demikian seterusnya.
(Mengasosiasi)
Kegiatan kedua, guru meminta
siswa berdiri di titik yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis
zigzag. (Mengekplorasi)
Siswa nomor 1 diminta untuk
berjalan menyusuri garis zigzag sampai ke siswa no. 11. Lalu siswasiswa lain
melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di posisi 1
berjalan membuat garis zigzag sampai ke posisi no. 11. Demikian seterusnya
sampai kesebelas siswa melakukannya. (Mengekplorasi)
Kegiatan ketiga guru menggambar
garis lengkung jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak garis. Jika tidak
memungkinkan guru memberi tanda di tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan
menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no. 7 dan seterusnya (dilakukan,
seperti tahapan berjalan zigzag). (Mengekplorasi)
Siswa kembali ke dalam kelas. (Mengekplorasi)
Guru menyampaikan setelah
bergerak sesuai garis lurus, zigzag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan
garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan pensil.
Guru menyampaikan sebelum menulis
siswa perlu mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat menulis dan memegang
pensil yang benar. Lalu, guru mencontohkan dan meminta siswa
mempraktikkannya. (Mengekplorasi)
Guru juga menyampaikan ujung
pensil tidak terlalu runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan contoh
pensil yang diraut baik dan kurang baik. (Mengekplorasi)
Lalu, siswa diminta melihat
gambar di buku siswa dan mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis
dan nama teman di buku siswa. (Mengamati)
Sebagai penutup, guru menanyakan
persamaan atau perbedaan permainan berjalan lurus, zigzag, dan lengkung
dengan menulis garis lurus, zigzag, dan lengkung. (Mengkomunikasikan)
Guru mengajak siswa untuk
bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk
menulis. (Mengkomunikasikan)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan
penilaian hasil belajar
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran
¡ Pensil
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menyusun Huruf Berurutan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menyusun huruf
|
Kelompok mampu menyusun 4 atau lebih huruf dengan tepat
|
Kelompok mampu menyusun 3 huruf dengan tepat
|
Kelompok mampu menyusun 2 huruf dengan tepat
|
Kelompok belum mampu menyusun huruf
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Lebih dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik
Kegiatan Menemukan Huruf Vokal dalam Kalimat
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menemukan huruf vokal dalam kalimat
|
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 4-5 kalimat
|
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 3 kalimat
|
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 2 kalimat
|
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 1 kalimat
|
2.
|
Ketepatan Waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerjasama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Lebih dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang dari setengah anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Comments
Post a Comment