Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Kurikulum 2013
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : IV/I
TEMA/Sub Tema : (4) Berbagai Pekerjaan/ (1) Jenis-jenis Pekerjaan
Pembelajaran Ke : 5
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan ke-luarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
IPS:
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
Bahasa
Indonesia:
3.3 Menggali informasi
dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan
ekonomi dan koprasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Matematika:
3.10 Menetukan hubungan
antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi
Panjang
C. Indikator
IPS:
• Menjelaskan hubungan
timbal balik antara manusia dalam proses distribusi teh
Bahasa
Indonesia:
• Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung
Matematika:
•
Mengaplikasikan
konsep luas dan keliling persegi panjang
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati gambar, peserta didik mampu menjelaskan hubungan timbal balik antar
manusia dalam pendistribusian the.
2.
Dengan membaca
teks, peserta didik mampu membedakan kalimat langsung dan tak langsung dengan
tepat.
3.
Dengan
kegiatan eksplorasi, peserta didik mampu mengerjakan soal-soal yang berkaitan
dengan luas dan keliling persegi panjang dengan benar.
E. Materi
Ajar
1. Peserta
didik mengamati gambar tentang proses distribusi
teh yang berasal dari gunung hingga sampai keberbagai daerah
2. Peserta didik memahami konsep luas dan keliling persegi panjang
3. Peserta didik membedakan kalimat langsung (dialog) dan kalimat
tidak langsung (narasi).
(untuk
lebih rinci, materi ajar terlampir).
F. Alokasi
Waktu
2 x 35 menit
G. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : saintifik
Metode : Tanya jawab, diskusi, penugasan.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kegiatan pembelajaran
diawali dengan berdoa
2.
Guru mengecek kehadiran
peserta didik.
3.
Bertanya jawab berkaitan
dengan materi yang akan diajarkan, untuk menyiapkan kondisi peserta didik
dalam menerima pelajaran dengan baik.
|
1 x 25 menit
|
Inti
|
1.
Peserta
didik mengamati gambar tentang kisah teh yang berasal dari gunung hingga
sampai keberbagai daerah
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
3.
Peserta
didik membuat peta pikiran untuk menggambarkan hubungan antar profesi
4.
Peserta
didik memilih sebuah benda yang ada dikelas
5.
Peserta
didik menganalisis benda tersebut dan menceritakan dalam bentuk tulisan
tentang proses perjalanan benda dari awal produksi hingga sampai keruang
kelas disekolah
6.
Peserta
didik mengerjakan langah-langkah menyelesaikan luas menggunakan kertas
berpetak berdasarkan intruksi
7.
Peserta
didik mengerjakan soal cerita berdasarkan intruksi
8.
Peserta
didik membaca kisah petambak ikan
9.
Peserta
didik bisa membaca dialog tersebut berpasangan dengan teman
10. Peserta didik membaca bentuk narasi dari teks percakapan
11. Peserta didik mengamati perbedaan cara penulisan dua jenis
teks tersebut dan menuliskannya.
|
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
pertanyaan refleksi kepada peserta didik
Apa yang
kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan
apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
Kesulitan
apa yang kalian temui?
2.
Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan doa.
|
I. Penilaian
1.
Daftar periksa untuk membuat soal cerita
(Matematika)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Soal berhubungan dengan luas dan
keliling
|
||
Angka dalam soal sesuai
dan bisa dihitung
|
||
Ada jawaban
|
||
Soal bisa dimengerti
|
2.
Jawaban peserta didik pada tugas matematika mencari
luas permukaan, diskoring dengan angka.
3. Daftar
periksa untuk bahasa Indonesia
Jawaban peserta didik pada pertanyaan tentang perbedaan penulisan bentuk
narasi dan naskah dialog, dinilai dengan menggunakan daftar periksa:
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Perbedaan cara penulisan:
§ Naskah dialog: bentuknya tanya jawab.
§ Narasi: bentuk cerita.
|
||
Perbedaan penggunaan
tanda baca:
§ Naskah dialog: menggunakan tanda baca titik dua (:).
§ Narasi: kalimat percakapan menggunakan tanda petik (“…”).
|
||
Kesimpulan:
§ Penulisan dalam bentuk naskah dialog (naskah drama), biasanya
digunakan untuk tulisan yang berisi percakapan yang berupa kalimat langsung.
§ Penulisan dalam bentuk narasi, biasanya digunakan untuk
tulisan berbetuk cerita (cerpen, novel).
|
4.
Penilaian sikap (rasa ingintahu, tekun dan teliti)
No
|
Sikap
|
Belum
terlihat
|
Mulai
terlihat
|
Mulai
berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin
tahu
|
|||||
2
|
Tekun
|
|||||
3
|
Teliti
|
Centang yang
sesuai.
J. Sumber
Kurikulum 2013
Silabus 2013
Buku guru dan buku peserta didik
Afriki, Al Farani, Angie Siti Anggari, Dara Retno Wulan, dkk
(2013). Berbagai Pekerjaan: bukuguru.Jakarta. Lazuardi GIS dan
Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta.
K.
Alat Peraga dan Media Pembelajaran
Benda-benda
disekitar ruangan kelas seperti buku, pensil, papan tulis, dan sebagainya dan
media
audiovisual berupa Microsoft powerpoint.
Mahasiswa,
Riko Oktari Sandro
F37011051
Comments
Post a Comment