RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/ 1
Waktu :
1 x 25 menit
Hari/tanggal :
Rabu/ 12 Desember 2012
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengurutkan bilangan dari bilangan terkecil ke
bilangan terbesar.
2. Dengan
media chart, siswa dapat megurutkan bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan
terbesar.
3. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menggunakan simbol lebih besar dari (>)
4. Melalui
demonstrasi, siswa dapat menggunakan simbol lebih kecil dari (>)
V.
Karkter
yang Diharapkan :
Ø Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
VI.
Uraian
Materi
2.
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Untuk membandingkan dua bilangan,
kalian bandingkan masing-masing angka dari kedua bilangan yang mempunyai nilai
tempat sama (dimulai dari angka yang paling kiri).
Bandingkan angka ribuan. Jika sama,
bandingkan angka ratusan. Jika sama, bandingkan angka puluhan. Jika sama,
bandingkan angka satuan. Jika keempat angka tersebut sama, maka dua bilangan
yang kita bandingkan sama nilainya.
Setelah dapat membandingkan
bilangan, kita dapat mengurutkannya.
Contoh: Urutkan
bilangan-bilangan 5.235, 6.981, 4.564
Jawab: Dapat kita bandingkan bahwa: 4.564 < 5.235
< 6.981
Jadi, urutan bilangan tersebut adalah 4.564,
5.235, 6.981
VII.Metode Pembelajaran
A. Ceramah
B. Demonstrasi
C. Tanyajawab
VIII. Kegiatan belajar mengajar (KMB)
A. Kegiatan
Awal
1.
Salam
2.
Doa
3.
Mengecek kehadiran siswa
4.
Apersepsi : Anak- anak, diantara 5000
dan 5340 manakah bilangan yang paling besar?
5.
Informasi tujuan pembelajaran dan kegiatan
yang akan dilakukan
B. Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang diajarkan.
2. Siswa
memperhatikan media chart yang ditempel guru dipapan tulis.
b.
Elaborasi
1. Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi yang diajarkan.
2. Siswa
mendemonstrasikan cara menggunakan simbol lebih besar (>).
3. Siswa
mendemonstrasikan cara menggunakan simbol lebih kecil (<).
c.
Konfirmasi
1.
Memberikan penguatan positif.
2.
Meluruskan jawaban siswa yang kurang
tepat.
C. Kegiatan
Penutup
1. Siswa
dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Evaluasi/
penilaian
3. Refleksi
mencari kelemahan
4. Tindak
lanjut (khusus untuk siswa yang belum paham)
IX.
Media,
Alat Peraga dan Sumber Belajar
A. Media
Chart
LCD
B. Sumber
Belajar
-
.
X.
Evaluasi
A. Prosedur : Tes tertulis
B. Bentuk
Tes : tes uraian
Soal- soal
Kerjakan
soal- soal berikut dengan tepat!
1.
Bandingkan bilangan- bilangan berikut
dengan memberi tanda lebih besar (>), lebih kecil (<), atau sama dengan
(=).
a.
2.538 . . . 2.532
b.
5.157 . . . 5.428
c.
8.004 . . . 8.541
2. Urutkanlah
bilangan- bilangan berikut dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar!
2.300,
2.299, 2.302, 2.298, 2.301
3. Urutkanlah
bilangan- bilangan berikut dari bilangan terbesar ke bilangan terkecil!
8.548,
8.148, 8.348, 8.248, 8.448
Kunci
jawaban
1. a.
2.538
> 2.532
b.
5.157
< 5.428
c.
8.004 < 8.541
2. 2.298,
2.299, 2.300, 2.301, 2.302
3. 8.548,
8.448, 8.348, 8.248, 8.148
Pedoman penilaian
Nomor soal
|
Sekor
|
1
|
60
|
2
|
20
|
3
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Comments
Post a Comment